Cara Mengulas Bahan Bacaan

Oleh
Yuhka Sundaya

Bahan Bacaan Mahasiswa
Bahan bacaan bagi mahasiswa adalah buku dan artikel jurnal. Keduanya memiliki kesamaan. Sama-sama memiliki judul dan sistematika. Jadi cara mengulas atau mereviewnya akan sama. 

Sistematika Bahan Bacaan 
Komponen bahan bacaan mencakup : judul, Bab, dan Sub Bab. Judul adalah representasi atau abstraksi dari seluruh bab pada bahan bacaan. Bab adalah representasi atau abstraksi dari Sub Bab. Sub Bab adalah representasi atau abstraksi dari alinea yang tersaji pada sub bab tersebut. Oleh karena itu, antara judul, bab, sub bab, dan alinea pada sub bab tersebut haruslah konsisten. Antar komponen harus saling menjelaskan satu sama lain. 
Sistematikanya seperti ini :

  • Judul (Simpul Ide Pokok Bab)
    •  Bab (Simpul Ide Pokok Sub Bab)
      • Sub Bab (Simpul Ide Pokok Alinea)
        • Alinea (Ide pokok)

Namun ada juga bahan bacaan tanpa komponen Sub Bab, sehingga Bab pada bacaan tersebut merepresentasikan ide pokok pada kumpulan alinea. Lebih hebat lagi, apabila kita melakukan cross check terhadap bahan bacaan atau referensi yang ditampilkan penulis buku atau artikel jurnal. Memahaminya, dan menguji apakah yang dikutip penulis sesuai dengan referensinya yang original.

Prosedur Mengulas Bahan Bacaan 

  1. Berikan argumentasi anda terhadap komponen besar bahan bacaan : judul, bab, dan sub bab.
  2. Komentari kesesuaiannya.
  3. Pada setiap sub bab, pahami ide pokok pada setiap alinea, dan sajikan ringkasannya dengan redaksi sendiri.
  4. Catatlah hal-hal yang sulit dipahami dalam konteks hubungan antar komponen bahan bacaan untuk menjadi bahan bahasan diskusi.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

IDE IBNU KHALDUN TENTANG KEUNTUNGAN DAN REZEKI

IDE IBN KHALDUN TENTANG KEUNTUNGAN DAN REZEKI Yuhka Sundaya Departemen Ekonomi Pembangunan Unisba Sekitar 7 abad yang lalu telah hadir cende...