PEDOMAN PEMBELAJARAN MANDIRI 
SEJARAH PEMIKIRAN EKONOMI

 

PENGANTAR
Bismillahirrahmanirrahiim,
Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Pemahaman terhadap sejarah pemikiran ekonomi adalah bagian yang melengkapi ilmu pengetahuan bagi seorang sarjana ekonomi. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa dapat memahami bagaimana gagasan ilmu ekonomi terbentuk, digunakan dan ditransmisikan kepada para penggunanya, sehingga mahasiswa berpotensi memiliki keahlian akademik untuk membangun kerangka kerja (framework) dalam memecahkan permasalahan ekonomi tertentu. Belajar dari cara kerja ahli ekonomi terdahulu.
Buku teks, sebagai sumber untuk menunjang pemahaman tersebut, tersedia cukup banyak. Penulisnya menampilkan judul yang beragam. Blaug (1985) memberikan judul bukunya “Economic Theory in Restrospect”, Tsoulfidis (2010) “Competing Schools of Economic Thought”, Schumpeter (1986) “History of Economic Analysis”,  NEGISHI  (1989) “History of Economic Theory”, Samule at.al.,(2003) “A Companion to the History of Economic Thought”, Rima (2001) “Development of Economic Analysis”, Menger (1985) “Investigations Into The Method of The Social Sciences with Special Reference to Economics”, Medema dan Samuels (2003) “The History ofEconomic Thought:A Reader”., dan Ghazanfar, secara khusus menggali pemikiran ekonomi Islam dari para sarjana muslim terdahulu, dalam bukunya “Medieval Islamic Economic Thought : Filling the “Great Gap” in European economics. Dan, masih banyak lagi. Banyaknya buku teks sejarah pemikiran ekonomi, mempertegas motivasi bahwa pemahaman terhadap sejarah pemikiran ekonomi demikian penting bagi para calon sarjana ekonomi.
Kebanyakan penulis, mengawalinya dari para pemikir Yunani Kuno : Aristoteles, Plato, atau disebut dengan Pra-Klasik, hingga pemikiran ekonomi terkini. Karya tertulis para pemikir terdahulu dipelajari, dikritisi, dan kemudian dikelompokkan ke dalam tema pemikiran tertentu.
Memahaminya, oleh karena itu, perlu strategi. Dalam pedoman studi ini disajikan rundown pembelajaran sejarah pemikiran ekonomi. Diharapkan, mahasiswa, memiliki motivasi kuat untuk mempelajari buku teks lain (diberikan dalam bentuk file PDF). Sekurang-kurangnya, pedoman ini menjadi konsentrasi belajar mahasiswa per minggu, sehingga dalam waktu perkuliahan, mahasiswa telah memiliki pemahaman awal, telah membaca dan mengkritisinya, dan akan membangun diskusi dengan dosen. Pedoman ini menjadi pintu bagi mahasiswa untuk memperluas dan memperdalam pemahaman tentang sejarah pemikiran ekonomi. Melalui rencana studi, yang disajikan pada halaman berikutnya, mahasiswa difasilitasi untuk melakukan perluasan dan pendalaman tersebut. Frekuensinya adalah 14 minggu.

Di bawah ini adalah disiplin pembelajaranya :
  1. Terjemahkan materi dari buku teks;
  2. Buat kerangka isinya dengan mind map;
  3. Susun daftar kesulitan memahami untuk didiskusikan dalam kelas;
  4. Sampaikan point (3) pada setiap pertemuan untuk memperoleh penjelasan dari dosen dan membangun diskusi dalam kelas;


Selamat belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

IDE IBNU KHALDUN TENTANG KEUNTUNGAN DAN REZEKI

IDE IBN KHALDUN TENTANG KEUNTUNGAN DAN REZEKI Yuhka Sundaya Departemen Ekonomi Pembangunan Unisba Sekitar 7 abad yang lalu telah hadir cende...