PEDOMAN PEMBELAJARAN MANDIRI
SEJARAH PEMIKIRAN EKONOMI
|
PENGANTAR
Bismillahirrahmanirrahiim,
Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Pemahaman terhadap sejarah
pemikiran ekonomi adalah bagian yang melengkapi ilmu pengetahuan bagi seorang
sarjana ekonomi. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa dapat memahami bagaimana
gagasan ilmu ekonomi terbentuk, digunakan dan ditransmisikan kepada para
penggunanya, sehingga mahasiswa berpotensi memiliki keahlian akademik untuk
membangun kerangka kerja (framework)
dalam memecahkan permasalahan ekonomi tertentu. Belajar dari cara kerja ahli
ekonomi terdahulu.
Buku teks, sebagai sumber untuk
menunjang pemahaman tersebut, tersedia cukup banyak. Penulisnya menampilkan
judul yang beragam. Blaug (1985) memberikan judul bukunya “Economic Theory in
Restrospect”, Tsoulfidis (2010) “Competing Schools of Economic Thought”, Schumpeter
(1986) “History of Economic Analysis”, NEGISHI
(1989) “History of Economic Theory”, Samule
at.al.,(2003) “A Companion to the History of Economic Thought”, Rima (2001) “Development
of Economic Analysis”, Menger (1985) “Investigations Into The Method of The
Social Sciences with Special Reference to Economics”, Medema dan Samuels (2003)
“The History ofEconomic Thought:A Reader”., dan Ghazanfar, secara khusus
menggali pemikiran ekonomi Islam dari para sarjana muslim terdahulu, dalam bukunya
“Medieval Islamic Economic Thought : Filling the “Great Gap” in European
economics. Dan, masih banyak lagi. Banyaknya buku teks sejarah pemikiran
ekonomi, mempertegas motivasi bahwa pemahaman terhadap sejarah pemikiran
ekonomi demikian penting bagi para calon sarjana ekonomi.
Kebanyakan penulis, mengawalinya
dari para pemikir Yunani Kuno : Aristoteles, Plato, atau disebut dengan
Pra-Klasik, hingga pemikiran ekonomi terkini. Karya tertulis para pemikir
terdahulu dipelajari, dikritisi, dan kemudian dikelompokkan ke dalam tema
pemikiran tertentu.
Memahaminya, oleh karena itu,
perlu strategi. Dalam pedoman studi ini disajikan rundown pembelajaran sejarah pemikiran ekonomi. Diharapkan,
mahasiswa, memiliki motivasi kuat untuk mempelajari buku teks lain (diberikan
dalam bentuk file PDF). Sekurang-kurangnya, pedoman ini menjadi konsentrasi
belajar mahasiswa per minggu, sehingga dalam waktu perkuliahan, mahasiswa telah
memiliki pemahaman awal, telah membaca dan mengkritisinya, dan akan membangun
diskusi dengan dosen. Pedoman ini menjadi pintu bagi mahasiswa untuk memperluas
dan memperdalam pemahaman tentang sejarah pemikiran ekonomi. Melalui rencana
studi, yang disajikan pada halaman berikutnya, mahasiswa difasilitasi untuk
melakukan perluasan dan pendalaman tersebut. Frekuensinya adalah 14 minggu.
Di bawah ini adalah disiplin
pembelajaranya :
- Terjemahkan materi dari buku teks;
- Buat kerangka isinya dengan mind map;
- Susun daftar kesulitan memahami untuk didiskusikan dalam kelas;
- Sampaikan point (3) pada setiap pertemuan untuk memperoleh penjelasan dari dosen dan membangun diskusi dalam kelas;
Selamat belajar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar