REVIEW BUKU ROBIN HAHNEL (2002)

|Ekonomi Politik dan Kelembagaan|

Assalamu'alaikum.
Tersaji contain informasi pada buku Robin Hahnel pada edisi pertama, tahun 2002. Pada postingan berikutnya akan disajikan contain pada edisi keduanya, yaitu Tahun 2014, sehingga kita dapat memahami informasi yang baru antara edisi pertama dengan kedua. Buku ini dipilih karena visi dan penjelasan dari Robin Hahnel dipandang konsisten dan proofable terhadap masalah dasar ekonomi : efisiensi, equity, keberlanjutan. Lebih dari itu Robin Hahnel mempromosikan pandangan moderat : persaingann menuju kerjasama dan keadilan ekonomi.

Berikut informasi kandungan bukunya :


Bab 1:                  Mengembangkan teori sosial yang dirancang untuk memahami hubungan antara ekonomi, politik, kekeluargaan, kegiatan budaya, dan kekuatan dibalik stabilitas sosial dan perubahan sosial yang sama-sama pentingnya dalam dinamika ekonomi.
Bab 2:                  Mengkaji keadilan ekonomi, efisiensi ekonomi, demokrasi ekonomi, dan keberlanjutan lingkungan, sebagai ukuran kinerja ekonomi, dan krusial terhadap tujuannya.
Bab 3:                  Menggunakan Corn Model untuk menggali hubungan antara efisiensi dan kesenjangan. Corn Model memberikan pemahaman bagaimana pasar tenaga kerja dan kredit berdampak pada efisiensi dan kesenjangan, dan menyajikan konteks untuk melihat bagaimana kosep konservatif, liberal dan radikal terhadap konsep keadilan ekonomi.
Bab 4:                  Menjelaskan pentingnya permintaan aggregat dalam menjelaskan mengapa perekonomian kadang-kadang gagal untuk menghasilkan apa yang mereka bisa kerjakan, pengangguran siklikal, dan demand full inflation, dan logika kebijakan fiskal.
Bab 5:                  Menampilkan model mikroekonomi. Konsep dominant strategy equilibrium. Static public good game--> menjelaskan bagaimana masalah penunggang gelap memimpin pasar untuk memproduksi sedikit barang publik.  Model Srafian menjelaskan upah dan keuntungan.
Bab 6:                  Menjelaskan pentingnya permintaan aggregat dalam menjelaskan mengapa perekonomian kadang-kadang gagal untuk menghasilkan apa yang mereka bisa kerjakan, pengangguran siklikal, dan demand full inflation, dan logika kebijakan fiskal.
Bab 7:                  Mengurai perdebatan atau misteri uang dan bank dan menjelaskan logika kebijakan moneter. Disamping menjelaskan bagaimana sektor keuangan dapat mengimprove produktivitas dalam perekonomian riil. Menjelaskan bagaimana sektor keuangan dapat mengarah pada kehilangan efisiensi dalam perekonomian riil.
Bab 8:                  Menjawab pertanyaan : apakah perdagangan internasional dan investasi menggambarkan mutual benefit ? Memahami bagaimana perdagangan internasional dan investasi dapat memengaruhi efisiensi global, secara positif dan negatif, dan bagaimana perdagangan internasional dan investasi meemngaruhi kesenjangan antara dan dalam negara, --kontroversi program IMF.
Bab 9:                  Model makroekonomi yang mengilustrasikan logika bank runs dan krisis keuangan internasional, hubungan problematik antara keuangan dengan ekonomi riil, secara domestik dan internasional. Logika kebijakan fiskal dan moneter dalam perekonomian tertutup dan terbuka. Bab ini menampilkan simpulan model makro politik ekonomi jangka panjang, yang, menginkorporasi wawasan Keynes dan Marx yang mengilustrasikan kemungkinan wage-led growth.
Bab 10:                Penilaian kritis fitur utama kapitalisme. Berbeda dengan klaim dari Milton Friedman, yang berpendapat bahwa usaha bebas dan pasar akan mempromosikan kemerdekaan ekonomi, efisiensi, dan keadilan, dan mereduksi diskriminasi ekoomi. Bab ini menemukan bagaiman dan mengapa usaha bebas dan pasar merintangi demokrasi ekonomi, efisiensi, dan keadilan. Bab ini berakhir dengan
Bab 11:                Diskusi bagaimana menuju kerjasama ekonomi yang setara. Di dalamnya mendiskusikan beragam reformasi dalam kapitalisme dengan mengganti usaha privat dengan perusahan yang dimiliki pekerja, dan mengganti pasar dengan sistem partisipatori, dan perencanaan demokratis.


Refferensi :

Hahnel, R. (2002). Teh ABC's of Political Economy : a modern approach. London: Pluto Press.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

IDE IBNU KHALDUN TENTANG KEUNTUNGAN DAN REZEKI

IDE IBN KHALDUN TENTANG KEUNTUNGAN DAN REZEKI Yuhka Sundaya Departemen Ekonomi Pembangunan Unisba Sekitar 7 abad yang lalu telah hadir cende...