TIPS EKSPLORASI ISU PADA BUKU TEKS

|umum\

Teori adalah alat untuk menjelaskan dan memprediksi suatu fenomena. Penjelasan dan prediksinya bersifat logis atau masuk akal. Teori terdiri dari 3 elemen : asumsi perilaku, data, dan variabel. Oleh karena itu, di dalam mengkaji, mereview atau menguasai suatu teori, kita perlu mengenali tiga elemen tersebut, sedemikian hingga menjadi kerangka berpikir.

Teori mana yang akan kita gunakan sebagai kerangka berpikir, tergantung pada pemahaman kita terhadap isu riil yang dikaji. Isu riil adalah isu aktual, yang kita pahami : apa dan bagaimananya. Pemahaman terhadap isu aktual akan membantu kita dalam memilih kandidat teori yang akan digunakan untuk berpikir akademik. Disebut kandidat, karena, (1) bisa jadi teori tersebut coverage atau telah membingkai isu aktual yang dikaji, atau (2) ada sebagai isu aktual yang tidak dapat dijelaskan oleh teori tersebut. Implikasi nomor (2) adalah memotivasi kalangan akademik untuk mengkritisi. Mengkritisi diarahkan pada 3 elemen teori tersebut. Akan lebih advance, jika kalangan akademik (mahasiswa dan dosen), mencurahkan waktunya untuk melakukan spesifikasi terhadap teori tersebut. Ini adalah proses penemuan atau pengembangan kerangka berpikir, atau disebut dengan relaksasi teori.

Pada URL video di bawah ini, tersaji langkah awal untuk mengeksplorasi teori pada buku teks, dalam rangka memberikan penjelasan terhadap suatu isu aktual. Kritik, saran, dan pertanyaan dapat dibubuhkan pada kolom komentar.

Youtube :

Loom untuk resolusi lebih besar :


Terimakasih, selamat bekerja.
YS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

IDE IBNU KHALDUN TENTANG KEUNTUNGAN DAN REZEKI

IDE IBN KHALDUN TENTANG KEUNTUNGAN DAN REZEKI Yuhka Sundaya Departemen Ekonomi Pembangunan Unisba Sekitar 7 abad yang lalu telah hadir cende...